Sabtu, 16 April 2011

Ssstt... Rahasia Bolu Kukus Mekar


Terhitung sejak masuk dapur (bukan dapur rekaman yaaa)... aku sudah bikin 4 kali bolu kukus... Bolu kukus pertama dan kedua cuma senyum manis...


Bolu kukus ketiga, aku coba pakai resep bolu sakura NCC dengan karamel... bisa ngakak, tapi tengahnya ada pentolnya.. Bentuknya aneh kayak foto disamping ini nih....





Nah, mumpung NCC lagi bikin bolkus week, akhirnya tergoda untuk bikin bolkus lagi. Kali ini aku mau pake resep NCC aja yang bolkus 10 menit...Aku gak pakai minuman soda, karena memang dirumah gak pernah ada persediaan dan anak-anak aku larang keras minum minuman bersoda. Jadi as a mom, harus konsisten, sekali dilarang, ya dalam bentuk apapun gak boleh.. hehehe..

Pakai resep NCC setengah itu, ternyata hasilnya mekrok sempurna... indahh banget. Aku sampe loncat-loncat kegirangan saking bagusnya. Tapi karena sebagian aku kasih rasa moka, anak2 protes...


Akhirnya besoknya aku bikin lagi yang rasa strawberry, 1 resep penuh. Aku pikir biar jadi lebih banyak... Tapi ternyata justru bikin kecewa karena bolkusnya gak mau senyum meski munjung dan gak bantet.

Setelah aku selidiki... (cieee... serasa detektip di CSI aja)... ternyata letak kesalahannya ada di adonan telur... Aku selalu pakai metode kocok telur dan gula dulu. Untuk bolkus yang mekrok sempurna, didapat adonan yang putih mengembang karena telur dan gula aku kocok dulu, baru tambah emulsifier. Nah, untuk percobaan kedua, adonanku gak bisa sampai putih karena telur, gula dan emulsi aku campur.

Ini resepnya aku ambil dari website NCC dan aku modif sendiri:

Bahan:
  • 450 gr gula pasir
  • 500 gr tepung terigu
  • 1 sdt BPDA
  • 4 btr telur
  • 300 cc susu segar
  • 1 sdm emulsifer

How?

  1. Campur tepung terigu dan baking powder double acting (BPDA), ayak, sisihkan.
  2. Kocok gula, telur hingga tercampur rata, tambahkan emulsifier dan kocok lagi hingga kental dan putih, masukkan tepung dan santan bergantian sambil diaduk hingga rata, beri essence, aduk rata.
  3. Pisahkan sedikit adonan, beri pewarna. Tuang kedalam cetakan, kukus selama 10 menit.

Jadi sekitar 30 bolkus dengan cetakan mufin miniku. Selamat mencoba, semoga gak kena kutukan bolkus...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar