Selasa, 07 Desember 2010

FRUIT CAKE... segar krenyes-krenyes sedap...


Buka-buka blog dan resep di internet... akhirnya nemu resep Fruit Cake dari blog mbak Ferona (www.cakefever.com)... tanya-tanya dikit ke mbak Fe yang kebetulan sekantor, akhirnya membulatkan tekat.

Ngecek persediaan bahan, ternyata buah keringnya cuma ada kismis... Well that's okey untuk percobaan... Selasa pagi, mumpung libur... ke pasar. Beli gula palem, telur seger, kismis tambahan sama kacang kenari. Jam 11 baru mulai baking, dan selesai sekitar jam 2-an... Gak terlalu rempong bikinnya karena cuman ngaduk-aduk semua bahan.

Sempet ada accident liat resep, udah ngocok gula 250 gram... ternyata oh ternyata cuma 75 gram... Ya sud, aku bikin ulang... dan bahan yang salah aku simpen di kulkas... Untung baru ngadon sebentar sebelum akhirnya menyadari kesalahan... hehehehehe... *ngeles.. Ini resepnya aku contek dari blog mbak Fe, dan aku modif dikit... sekali disesuaikan dengan bahan yang ada di dapurku...

BAHAN:
  • 200 gram mentega
  • 75 gram gula palem
  • 75 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram tepung maizena
  • 25 gram susu bubuk
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 1 sdt Baking Powder
  • 50 gram madu
  • 350 gram dried fruit mix (aku pakai kismis aja)
  • 50 gram kenari atau almond sangrai hingga matang.

CARA MEMASAK:

  • Kocok mentega, gula palem, dan gula pasir sampai lembut.
  • Tambahkan telur satu persatu. Masukkan campuran terigu, maizena, susu, kayu manis, baking powder ke adonan telur dan mentega. Ayak campuran tepung agar adonan gak menggumpal.
  • Masukkan madu, buah kering dan terakhir kenari.
  • Tuang di loyang yang sudah dialasi mentega dan terigu.
  • Oven sekitar 1 jam pada suku 170 C sampai matang. K
  • eluarkan, dinginkan.

Catatan:
  • Aku pakai kismis yang kurendam pakai air hangat, tiriskan, potong kecil-kecil, trus balur dengan terigu untuk menghindari kismis turun ke bawah.
  • Kenari aku sangrai sebentar.
  • Aku pakai campuran mentega holman sama Orchid.

Hasilnya? Yummy sekali kalo di lidah orang dewasa.... Cuman anak-anakku reaksinya biasa, karena memang favorit mereka adalah sponge cake strawberry kata Elang, anakku, nilainya 80. Kalo kata Dimas, anak kecilku, nilainya 7,6 sesuai dengan nilai matematikanya... hehehehe....
Selamat mencoba ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar